![]() |
Soal Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Semester Ganjil |
Bagi bapak dan ibu guru Sekolah Menengah Pertama sebentar lagi akan memasuki final semester ganjil atau gasal, biasanya akan disibukkan dengan menciptakan soal untuk Ujian Akhir Semester (UAS) atau Penilaian Akhir Semester (PAS).
Pada kesempatan ini saya akan membuatkan soal-soal yang mungkin bisa dijadikan acuan untuk Penilaian Akhir Semester atau Ujian Akhir Semester khususnya pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Semester ganjil.
Berikut kumpulan Soal-soal Penilaian Akhir Semester Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Semester 1 :
Pilihlah salah satu tanggapan yang benar dari pilihan tanggapan yang tersedia!
1. Perhatikan teks obrolan berikut !
Sandi : Menurut Bapak, mengapa koperasi masih dibutuhkan pada zaman sekarang? Aldi : Koperasi sebagai suatu gerakan perekonomian mengambarkan diri dalam melawan ketidakadilan pasar. Hal ini sesuai dengan tekad koperasi membawa perekonomian bangsa Indonesia menuju pada suatu kemakmuran dalam kebersamaan Sandi : Bagaimana tanggapan Bapak sebagai pengusaha dalam problem ini? Aldi : Menurut saya tidak selamanya badan-badan ekonomi yang berpijak pada pengembangan modal itu negatif. Justru lahirnya penanam modal lebih banyak mengatakan masukan per kapita di negara kita. Di samping itu, dengan adanya persaingan ketat, warga Indonesia akan tertantang untuk terus berusaha yang alhasil akan menggerakkan perekonomian kita.” |
Hal berikut ini yang merupakan butir-butir pokok obrolan di atas ialah . . . .
a. Membangun sistem perekonomian pasar yang kompetitif
b. Lahirnya penanam modal berdampak pada kapitalisme
c. Koperasi sebagai suatu gerakan perekonomian
d. Persaingan ketat warga Indonesia dengan pihak asing
2. Cermati obrolan berikut !
Nadia : Apa kiat Ibu untuk mengajak siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah? Elsa : Pertama, siswa diberi pengarahan ihwal manfaat perpustakaan dalam dunia pendidikan. Kedua, melengkapi koleksi perpustakaan. Ketiga, menata tempat membaca. Keempat, mengatakan layanan peminjaman kepada siswa. Nadia : Apa hasil yang diperoleh dengan kegiatan yang Ibu galakkan ? Elsa : Banyak sekali. Salah satunya kunjungan siswa meningkat. Selain itu, diperolehnya rata-rata hasil ulangan yang memuaskan. |
Tema obrolan di atas ialah ....
a. Korelasi perpustakaan dengan hasil UN yang memuaskan
b. Layanan perpustakaan bagi siswa yang membutuhkan
c. Manfaat perpustakaan sekolah dalam pembelajaran
d. Upaya meningkatkan manfaat perpustakaan sekolah
3. Perhatikan obrolan berikut !
Yeni : Saya mendengar info dari Bunga, kau ikut audisi , bahkan kamu berhasil menjadi juara pertama Agne : (tersenyum gembira menyambut kebanggaan itu)Betul Yen ! Yeni : [ ...] 1 Agne : Terima kasih. Kudoakan juga kau pun sukses dalam karier. Yeni : [ ... ] 2 |
Pernyataan yang sempurna untuk melengkapi obrolan di atas adalah...
a. 1) Terima kasih. Ayo kutraktir makan
2) Tapi makan bakso saja ya
b. 1) Saya gembira, tapi jangan lupa studimu
2) Bereslah, yang penting kini traktir nonton dulu
c. 1) Wah, jangan begitu mitra !
2) Terima kasih juga atas doamu
d. 1) Saya turut bergembira atas keberhasilanmu. Selamat ya!
2) Terima kasih juga atas doamu
4. Perhatikan obrolan berikut !
Anisah : Sejak kapan Anda tertarik menjadi pendongeng ? Indah : Saya tertarik menjadi seorang pendongeng semenjak mengikuti kunjungan ke daerah korban tanah longsor. Banyak anak tak bisa sekolah, butuh hiburan. Saat itu saya coba membuatkan kisah untuk menguatkan mereka. Mulai dari situ, saya tertarik menjadi pendongeng. Anisah : Bagaimana upaya Anda mengasah kemampuan mendongeng ? Indah : Saya terus meningkatkan porsi latihan. Saya banyak membaca cerita, dongeng. Tak lupa saya berdiskusi dengan pakar anak-anak. Anisah : Apakah menjadi seorang pendongeng merupakan keinginan Anda ? Indah : Ya. Cita-cita saya lainnya ialah ingin menjadi seorang guru atau dokter anak. |
Simpulan isi obrolan di atas adalah….
a. Kita harus bisa mendongeng di depan orang lain
b. Kiat seseorang menjadi pendongeng
c. Mendongeng merupakan kegiatan mengasyikkan
d. Membantu bawah umur korban tanah longsor
5. Perhatikan ilustrasi berikut !
Beberapa siswa sedang mewawancarai pengasuh Sanggar Sastra sesudah kegiatan berguru selesai. Topik yang mereka angkat ihwal ”Musikalisasi puisi sebagai ajang asah kreativitas yang apresiatif”; |
Daftar pertanyaan yang sesuai dengan topik di atas adalah...
a. 1) Apa perjuangan yang Ibu lakukan untuk merangsang minat siswa dalam menyukai puisi ?
2) Seberapa jauh musikalisasi puisi sanggup menjadi sarana apresiasi puisi?
3) Apa kesulitan yang dihadapi siswa dalam memusikalisasi puisi ?
b. 1) Puisi siapakah yang pantas dimusikalisasi?
2) Butuh waktu berapa usang untuk menganalisis puisi?
3) Apakah semua siswa bisa mengikuti kegiatan musikalisasi puisi?
c. 1) Apakah ada korelasi antara talenta siswa dengan bentuk kreativitasnya?
2) Mengapa musik gampang diterima oleh sebagian besar manusia?
3) Bagaimana upaya mengantisipasi kesulitan biaya dalam menjalankan kegiatan ini?
d. 1) Berapa usang kegiatan mengembangkan talenta dan minat siswa digalakkan ?
2) Bila dana yang dibutuhkan kurang mendukung bagaimana cara mengantisipasinya
3) Para siswa terbiasa dengan menonton pergelaran musikalisasi puisi ?
6. Perhatikan obrolan berikut !
Dyah : Kurasa majalah dinding kita sudah tidak dibutuhkan lagi. Tak banyak yang mengirim naskah, sepi peminat (1). Nanis : Ah, itu penafsiranmu, Dyah. Buktinya masih menumpuk naskah yang belum disensor dan dimuat (2). Dyah : Ya, memang, tapi naskah-naskah itu kurang variatif, masih goresan pena tangan, susah dibaca. Mestikah kita tulis ulang? Cape dong! (3) Nanis : Memang sudah menjadi kiprah kita, dewan redaksi, untuk mengeditnya (4) Dyah : Ya, untung kalau ada perhatian dari para pembina, ini kan hampir tak ada perhatian(5) |
Dalam obrolan di atas yang berisi pendapat ditandai nomor ....
a. (1), (2), (3) b. (1), (3), (5) c. (2), (3), (4) d. (3), (4), (5)
7. Perhatikan obrolan berikut !
Asih : Bagaimana dengan orang sakit, haruskah ia berolahraga? Juani : Bagi orang yang sakit tidak disarankan berolahraga, sebab kondisi tubuh tidak sehat. Namun, begitu Anda merasa sehat, mulailah berolahraga sebab akan membantu Anda mempertahankan kondisi tubuh. Mulailah perlahan-lahan dan lakukan secara konsisten. Asih : Bagi orang yang biasa sibuk dengan pekerjaan sehari-hari. Maka, biasanya tidak ada waktu berolahraga. Bagaimana dengan kasus semacam ini? Juani : Bila kita sibuk, tidak perlu waktu berjam-jam untuk mencicipi manfaat olahraga. Yang penting teratur dan porsinya cukup. Seperti berjalan kaki selama tiga puluh menit setiap hari. |
Tanggapan logis berdasarkan obrolan di atas adalah....
a. Buat apa repot-repot berolahraga kalau memang sibuk dengan pekerjaan
b. Jangan berolahraga terlalu berat sebab bisa menyebabkan sakit
c. Orang sakit perlu berolahraga yang ringan-ringan di bawah pengawasan mahir medis
d. Bagaimanapun sibuknya, sempatkan berolahraga demi kesehatan
8. Perhatikan kutipan resensi berikut !
Lukisan pada kain tersebut benar-benar bagus dan menarik. Meskipun digambar secara sederhana, lukisan tersebut sanggup menghidupkan kain. Artinya warna kain yang intinya gelap menjadi cerah dengan kehadiran lukisan tersebut. Hal ini dikarenakan oleh kekontrasan pewarnaan pada lukisan dengan warna kainnya. |
Bagian yang memperlihatkan kelemahan artikel di atas ialah …
a. Warna kain yang gelap menjadi cerah dengan objek lukisan
b. Pewarnaan yang kontras lukisan dan warna kainnya
c. Tidak diungkapkan objek lukisan pada kain itu
d. Kalau lukisan padakain bisa cerah,bagaimana dengan kertas
9. Perhatikan kutipan resensi berikut !
(1) Pameran kerajinan tangan bawah umur tuna daksa dibuka dua hari yang lalu. (2) Meski mempunyai keterbatasan fisik, tapi karya mereka tak kalah kualitasnya dengan bawah umur lain-nya. (3) Sayang sekali pameran ibarat itu jarang terjadi sehingga potensi bawah umur tuna daksa kurang tersalurkan. (4) Lebih lanjut, belum adanya perhatian dari pihak yang berwenang. |
Kalimat yang menyatakan kebanggaan pada paragraf di atas adalah....
a. kalimat (1) b. kalimat (2) c. kalimat (3) d. kalimat (4)
10. Perhatikan teks berikut !
Festival Cimanuk yang pertama kali digelar Pemerintahan Kabupaten Indramayu dan dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, berlangsung meriah. Festival berlangsung selama satu minggu. Aneka produk kreativitas dan budaya masyarakat Indramayu diminati pengunjung. Animo pengunjung yang membludak kurang diantisipasi panitia. Area publik, tempat parkir, dan kemudahan lainnya dirasakan kurang sekali. Pelayanan pun kurang simpatik. |
Kritik yang sempurna terhadap panitia pameran adalah....
a. Perlu penambahan waktu dan variasi produk yang ditampilkan.
b. Ruang publik terlalu banyak dan membosankan pengunjung..
c. Gubernur semestinya memberi proteksi terhadap kegiatan itu
d. Panitia kurang memperhatikan kemudahan dan jumlah pengunjung.
11. Perhatikan iklan berikut !
Anda bosan makan di rumah? Kini telah hadir menyediakan kuliner Eropa, Jepang, Cina, tradisional Indonesia. Harga murah, dijamin puas. Suasana asri, letak strategis. Jalan Oraaspalan Gadel 212 Indramayu |
Pernyataan yang berupa fakta dalam iklan di atas adalah
a. Ika bosan makan di rumah maka RM Paduana solusinya
b. RM Paduana menyediakan kuliner Jepang dan Cina
c. Masakan Eropa di RM Paduana dikenal enak dan murah
d. Pengunjung RM Paduana dijamin puas
12. Perhatikan iklan berikut !
Desember 2015 Ingin mempunyai motor dengan mudah? Promo kredit motor final tahun 2015 Nikmati kemudahan istimewa : • Tanpa Uang Muka (DP) • Cicilan ringan • Bonus jaket dan helm • Motor banyak sekali brand dan model terbaru Harga terjangkau Hubungi REANG Motor Jalan Kagok Nanjak 234 Anjatan |
Pernyataan yang berupa opini dalam iklan di atas ialah ....
a. Penyelenggara promo final tahun yaitu Reang Motor
b. Peminat kredit motor tanpa uang muka
c. Motor yang ditawarkan banyak sekali merk
d. Reang Motor memberi cicilan yang ringan
13. Perhatikan teks berikut !
Perkembangan teknologi informatika dalam satu dekade terakhir mengalami lonjakan luar biasa. Munculnya internet memudahkan setiap orang menerima saluran informasi. Tidak hanya sekadar berita, melalui internet orang bisa berjualan, memasang iklan, menikmati musik, dan memungkinkan individu mengetahui banyak sekali insiden secara intensif. |
Berdasarkan wacana di atas, istilah yang sanggup dideretkan dalam indeks dengan sempurna adalah....
a. | akses | b. | akses | c. | iklan | d. | individu |
| individu | | iklan | | individu | | informasi |
| informatika | | individu | | informasi | | intensif |
| informasi | | intensif | | intensif | | internet |
| teknologi | | internet | | internet | | iklan |
14. Perhatikan teks berikut !
W. S. Rendra 10,15 Morfologi 1:12,13 Fonologi 9,10 Sintaksis 2:8,9 |
Pernyataan yang sesuai dengan data indeks di atas adalah….
a. Penyair W. S. Rendra sanggup ditemukan pada buku sastra
b. Kata fonologi sama dengan istilah morfologi
c. W.S. Rendra dan morfologi termasuk indeks nama
d. Fonologi dan sintaksis termasuk indeks topik
15. lah ilustrasi berikut !
Krs str mbl djmn cpt bs bns SIM A. Avanza, kjg, Jazz, instrktr bpnglmn, hrg mrh. Hub. Rosa Motor, Jln Kenanga 123 Anjt. |
Yang menjadi objek dalam iklan di atas adalah….
a. penjualan kendaraan beroda empat di sebuah dealer c. Instruktur kursus berpengalaman
b. penawaran kursus menyetir mobil d. penawaran pembuatan SIM murah
16. Perhatikan iklan berikut !
Dibthkn sgr: Tng Wnt, bs ptg rmbt, creambath, cntk, spl, rmh.. Gj bsr. Lmrn diantar lsg, Hub. Bella Salon, Jln OE 25 Ajt 0812345678910 |
Iklan di atas sanggup dijelaskan sebagai berikut...
a. Pemasang iklan bermaksud mengatakan jasa potong rambut.
b. Penawaran honor besar bagi perempuan anggun yang mau potong rambut.
c. Bella Salon ditangani tenaga perempuan anggun supel dan ramah.
d. Bella Salon membutuhkan tenaga perempuan cantik, ramah yang bisa potong rambut
17. Perhatikan ilustrasi berikut !
Eno membutuhkan uang untuk embel-embel modal perjuangan jual beli kerikil akik. Ia bermaksud menjual odong-odong yang biasa ia pakai. Odong-odong buatan tahun 2015 berwarna kuning itu akan dipasarkan melalui iklan baris. Pembeli sanggup menghubungi HP 08987654321 |
Iklan baris yang sempurna menurut ilustrasi tersebut ialah ….
a. Jl Cpt BU Odong-odong 2015 Kds mls wrn kuning Hub. Eno HP 08123456789
b. Jl Cpt Buodong-odong CBR 2015 Kds mls Wn kuning. Hubungi Eno tanpa perantara
c. Odong-odong 2015 Jl Cpt BU Kds mls Wn kuning racing Hub Eno
d. Ingin membeli odong-odong 2015? Hubungi Eno HP 08123456789
18. Perhatikan paragraf berikut !
(1) Buku ini mempunyai sumber yang sanggup dipercaya. (2) Perwajahannya menarik sebab disertai gambar berwarna. (3) Kertas yang dipakai berkualitas tinggi. (4) Sayang, kebenaran konsepnya belum teruji. (5) Namun, upaya pemasarannya terus ditingkatkan |
Kalimat yang mengungkapkan keunggulan fisik buku ditandai nomor....
a. (1), (2), (3) b. (2), (3), (4) c. (2), (4), (5) d. (3), (4), (5)
19. Perhatikan data buku berikut!
Judul : Kiat Sukses Bisnis Batu Akik Penulis : Matrio Radagelo Penerbit : PT Sukarmaju Tebit : 2015 Tebal : 101 halaman Keunggulan : =Memotivasi pembaca untuk berbisnis kerikil akik · Berdasarkan pengalaman pribadi · Bahasa lugas dengan kalimat pendek-pendek Kelemahan :=Ilustrasi gambarnya kurang |
Paragraf resensi yang sempurna menurut data buku tersebut ialah …
a. Tujuan penulis buku yang tebalnya 101 halaman ini ingin menciptakan pembaca termotivasi berbisnis kerikil akik. Siapa pun yang membaca buku ini akan termotivasi sebab buku ini juga dilengkapi ilustrasi gambar. Buku karya Matrio Radagelo yang diterbitkan PT Sukarmaju tahun 2015 ini perlu dibaca oleh setiap pelajar. Meskipun kalimatnya pendek-pendek, tidak menjadi masalah. Hal ini sebab proteksi gambar dengan ilustrasi jelas.
b. Pembaca digiring untuk mencapai kehidupan yang sukses. Buku karangan Matrio Radagelo ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik. Hanya sangat disayangkan, penggunaan bahasanya pendek-pendek sehingga sulit dipahami pembaca. Meskipun begitu, buku ini laku di pasaran sebab banyak yang memerlukan. Terbukti semenjak terbit pertama tahu 2015, buku ini sudah berkali-kali dicetak ulang.
c. Buku yang berjudul Kiat Sukses Bisnis Batu Akik ini isinya memotivasi pembaca untuk berbisnis kerikil akik. Buku karya Matrio Radagelo yang diterbitkan oleh PT Sukarmaju tahun 2015 ini ditulis menurut pengalaman pribadi. Meskipun ilustrasi gambar kurang, tetapi bahasa yang dipakai lugas. Oleh sebab itu, pembaca tidak terganggu memahami isinya. Apalagi kalimat yang dipakai pendek-pendek.
d. Buku secara garis besar menjelaskan bagaimana berbisnis kerikil akik. Buku ini disarankan dibaca oleh mereka yang ingin berbisnis batu. Selain itu, buku yang terbit tahun 2015 ini dilengkapi ilustrasi gambar. PT Sukarmaju yang berhasil menerbitkan buku ini sungguh beruntung. Para peminat ikan nila tentu akan merasa terbantu dengan adanya buku ini. Oleh sebab itu, buku ini layak dibaca meski tebalnya hingga 101 halaman.
20. Cermati teks berikut !
Usaha meningkatkan prestasi sekolah bukan tanpa resiko dan konsekwen. Kepemimpinan yang kuat, kegiatan yang transparan, dan proteksi team kinerja yang solid. Lebih ekstrem lagi, biaya yang dikeluarkan harus sepadan dengan hasil yang dicapai. |
Kata-kata tidak baku dalam wacana di atas adalah....
a. transparan dan ekstrem c. konsekwen dan team
b. prestasi dan resiko d. kegiatan dan solid
21. Cermati teks berikut !
Vitamin C membantu dalam menjaga stamina dan daya tahan tubuh biar kita tidak gampang sakit. Bila proteksi ini rusak, maka virus akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan flu, pilek, sariawan, dan infeksi. |
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah....
a. Fungsi vitamin C c. Masuknya basil ke dalam tubuh
b. Perlindungan organ tubuh d. Penyebab penyakit
22. Cermati paragraf berikut !
Seorang pelajar harus berusaha dengan gigih biar tidak terbiasa menggantungkan diri kepada orang lain hal ini merupakan bekal bagi bawah umur bila nanti mereka menjadi orang sampaumur dengan demikian semangat kemandirian sangat dibutuhkan untuk masyarakat bangsa dan negara |
Jika paragraf tersebut disalin sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, maka penggunaan tanda titik yang sempurna sesudah kata....
a. gigih, lain, negara c. ini, dewasa, negara
b. lain, dewasa, negara d. gigih, hari, negara
23. Cermati paragraf berikut !
Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Anjatan menilai kepengenan masyarakat untuk menyekolahkan ke sekolah favorit di Anjatan masih tinggi. Hal ini memberi peluang ke sekolah buat melaksanakan saringan masuk sekolah |
Kata yang sempurna untuk menggantikan kata yang tercetak miring ialah ....
a. minat, bagi, untuk, seleksi c. masuk, untuk, karena, seleksi
b. ingin, oleh, kepada, seleksi d. keinginan, para, sehingga, seleksi
24. lah paragraf berikut !
(1) Pengeroposan tulang dikenal dengan sebutan osteoporosis. (2) Anlene sangat peduli dengan pencegahan keropos tulang. (3) Penyebab keropos tulang di antarannya kekurangan kalsium, kecelakaan patah tulang, dan faktor keturunan. (4) Umumnya tanda-tanda yang menciptakan tulang gampang patah atau retak ini dialami lebih banyak kaum wanita. |
Kalimat yang tidak padu (sumbang) pada wacana di atas adalah....
a. (4) b. (3) c. (2) d. (1)
25. Cermati paragraf berikut !
(1) Bencana kabut asap kembali melanda negeri ini akhir kebakaran hutan. (2) Kali ini tidak hanya Sumatra dan Kalimantan yang terlanda kabut asap. (3) Diperkirakan jutaan jiwa yang menjadi korban dalam insiden itu. (4) Masyarakat masih tersenyum sebab sebagian terkena ISPA bahkan meninggal. |
Perbaikan terhadap kalimat nomor (4) yang sempurna adalah...
a. Penduduk diimbau untuk segera mendekati hutan.
b. Masyarakat sudah terbiasa dengan kabut asap.
c. Penduduk sekitar hutan mulai mendeteksi tanda-tanda kebakaran.
d. Sebagian masyarakat terkena ISPA bahkan ada korban meninggal dunia.
26. Perhatikan deret kalimat berikut !
(1) Setelah puas berkeliling lokasi wisata, kami berkumpul untuk makan siang. (2) Meskipun kelelahan, kami merasa puas sebab sudah melihat Borobudur, Museum Dirgantara, Malioboro secara langsung. (3) Tepat pukul 22.00 kami bersiap pulang ke Anjatan (4) Sebelum berangkat, kami menerima pengarahan dari panitia. (5) Kami berangkat bersama dari sekolah dengan bus ber-AC, full musik. (6) Sesampainya di lokasi pertama, kami melihat-lihat bangunan yang eksotis. |
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang sistematis bila disusun dengan urutan....
a. (5), (4), (6), (1), (3), (2) c. (4), (5), (6), (1), (3), (2)
b. (4), (6), (5), (2), (1), (3) d. (5), (6), (4), (1), (2), (3)
27. Perhatikan teks berikut !
Studi perbandingan ke Sekolah Menengan Atas Taruna Nusantara Magelang yang diikuti 50 anggota pengurus OSIS SMPN 1 Anjatan selama dua hari berakhir sudah. Semua penerima merasa kagum dengan contoh training dan disiplin yang diterapkan di sekolah calon pemimpin bangsa itu. Sebagian di antara kami ada yang berharap bisa menjadi pecahan Sekolah Menengan Atas Taruna Nusantara meski hal itu sangat berat. Semua penerima pulang dengan perasaan senang dan beruntung bisa mengikuti studi perbandingan. |
Judul laporan tertsebut yang sempurna adalah....
a. Laporan Perjalanan Wisata a. Laporan Studi Perbandingan
b. Laporan Kepuasan Peserta b. Laporan Sekolah Menengan Atas Taruna Nusantara
28. Perhatikan teks berikut !
Di Objek Wisata Sindang Ayu tersedia banyak sekali macam peralatan olahraga air yang sanggup kita sewa. Ada bahtera motor atau speed boat, sepeda air, dan sebagainya. Saya dan teman-teman menyewa bahtera motor. Kami berputar-putar di sekitar rumah makan yang tertata di atas kolam dengan hati-hati. Sungguh sangat mengasyikkan melaksanakan perjalanan di atas air. [...] Setelah puas menikmati pemandangan di situ, kami kembali ke Anjatan. |
Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut adalah...
a. Kalau benar kami masih ingin menyewa lagi, tetapi hari sudah sore kamipun membatalkannya.
b. Tidak terasa batas menyewa bahtera motor sudah habis kemudian kami duduk-duduk di bibir kolam menikmati pemandangan air yang indah
c. Kapan kami melanjutkan perjalanan wisata bahari ini ke pantai yang lain, yaitu Karang Song, Pulau Biawak, dan Pantai Glayem.
d. Rasanya berputar-putar di bahari itu sangat membosankan, sehingga kami menentukan turun dan duduk di pantai.
29. Perhatikan kutipan syair berikut !
Dengarlah hai sobat ketika kau maksiat Dan kau bayangkan kematian mendekat Apa kan kau buat kau tak kan selamat Pasti dirimu habis dan tamat |
Amanat yang terkandung dalam kutipan syair di atas adalah....
a. Sebaiknya berpikir ulang sebelum berbuat maksiat
b. Orang beriman niscaya menjadi pintar cari sahabat
c. Perbuatan apapun tidak akan menciptakan selamat
d. Bawalah bekal yang cukup biar tidak cepat habis
30. Perhatikan kutipan syair berikut !
Awal mulanya surat direka Kenangan menyerang tidak berjangka Siang malam segenap ketika Wajah Tuan rasa di muka |
Tema kutipan syair di atas ialah ....
a. Kegelisahan b. Kerinduan c. keputusasaan d. Ketakutan
31. Perhatikan kutipan puisi berikut !
Kasihku Engkau tentukan waktu sehari lima kali kita bertemu |
Tema penggalan puisi di atas....
a. Pergaulan b. Percintaan c. Kemanusiaan d. Ketuhanan
32. Perhatikan kutipan puisi berikut !
Teriak tangis terdengar sayu Tersayat-sayat isi hatiku Melihat segala murkamu Takkan kulupakan insiden itu |
Suasana yang tersirat dalam puisi di atas adalah....
a. takut b. panik c. sedih d. sedih
33. Perhatikan kutipan puisi berikut !
Ketika kugoreskan kenangan ini Selembar bianglala gerimis Membentang antara engkau dan aku Ketika ku nyanyikan puisi ini Seberkas melodi petir merah Mencubit hatiku yang biru |
Citraan yang terdapat larik kedua di atas adalah....
a. penciuman b. penglihatan c. pendengaran d. pencecapan
34. Perhatikan kutipan puisi berikut !
Kemanakah pergi Mencari matahari Ketika salju turun Pepohonan kehilangan daun Kemanakah jalan mencari lindungan Ketika tubuh kuyup Dan pintu tertutup |
Isi puisi di atas ialah ....
a. Mencari proteksi Tuhan
b. Kegalauan dalam kesaksian Tuhan
c. Kesangsian kebenaran Allah
d. Percaya pada takdir Tuhan
35. Perhatikan kutipan puisi berikut !
Kesudahan hidup kematian yang pasti pemergian yang kutangisi hingga kini kasih sayangmu menggegar jiwa ada kiprah belum selesai ada hajat belum tertunai ada kecerdikan belum dibalas bagai hutang yang belum dilunasi tak terganti |
Amanat puisi di atas adalah.....
a. Lunasilah utang ibu sebelum ibu meninggal dunia sebab anak yang ditinggal mungkin tak akan bisa membayarnya.
b. Bimbinglah bawah umur untuk mencapai kebahagiaan meskipun hanya sedikit yang bisa dinikmati.
c. Hargai dan hormati kedudukan seorang ibu, gotong royong jasa ibu tidak akan pernah tergantikan.
d. Bahagiakanlah seorang ibu dengan cara memenuhi segala keinginannya
36. lah kutipan cerita berikut !
Bunyi kokok ayam gres terdengar satu dua. Beberapa orang sudah memulai kegiatannya. Tak terkecuali Mak Titi, perempuan renta yang selalu setia menyediakan kuliner tradisional. Lontong sayur, nasi kuning, nasi uduk, dan semur jengkol ialah menu yang laku manis. Beberapa pelanggannya sudah mengantri semenjak tadi. Para sopir yang gres menurunkan penumpang berbaur dengan tukang ojek, calo, dan yang lainnya. ” Pir, ayo dong sudah penuh!” teriak Gita, seorang penumpang yang takut terlambat datang di tempat kerja. |
Latar pada kutipan kisah di atas adalah....
a. Pagi hari di terminal
b. Pagi hari di stasiun
c. Pagi hari di pasar
d. Pagi hari di kantor
37. lah kutipan kisah berikut !
Friska sangat bersahabat dengan Shafira. Mereka saling bergantung dan saling melindungi. Hubungan mereka sangat unik. Bersama Shafira dan berada dalam lingkungan pesantren, Friska ibarat berada di dunia yang diidam-idamkannya. Namun, kadang ia rindu kepada orang renta dan adik satu-satunya, Bagas. Jika hal itu datang ia akan meneleponnya. |
Pesan moral dalam kutipan cerita di atas ialah ....
a. Bersikap baik kepada teman biar menjadi kesayangannya
b. Kehidupan gres tidak menghilangkan kehangatan keluarga
c. Keterbatasan kemudahan menjadi kendala untuk rajin belajar
d. Milikilah sahabat bersahabat biar bertambah rajin ke sekolah.
38. lah kutipan kisah berikut !
“Ayo, Ega, perlihatkan dong HP-mu! Jangan pelit pada teman!” kata Wulan. “Iya, Ga, kasih lihat dong! Hani ingin lihat HP-mu sebentar saja dan pinjam buat sms!” “HP-ku gak ada dari kemarin!“ teriak Ega. ”Tidak percaya!” balas Wulan. ”Terserah, mau percaya atau tidak!” bantah Ega. “Dina jangan akal-akalan begitu dong!” teriak Hani kembali. |
Konflik pada kutipan kisah tersebut ialah …
a. Ega mengizinkan Hani melihat HP, tetapi Wulan mengilangkannya.
b. Ega memperlihatkan HP kepada Idah, tetapi Hani menghilangkannya.
c. Ega melarang Hani melihat HP, tetapi Hani memaksanya.
d. Ega kehilangan HP, tetapi Wulan dan Hani tidak percaya sama sekali
39. lah kutipan kisah berikut !
Dafa dan Ilham dengan seragam oranyenya yang lusuh tetap melaksanakan tugasnya menyapu dan membersihkan tiap sisi dan tubuh jalan, meski siang itu sangat terik dan berdebu. Sejak tadi saya melihat mereka harus menahan amarah. Para penonton iring-iringan kendaraan beroda empat yang membawa piala Adipura, seenaknya membuang sampah. Padahal tempat sampah jelas-jelas terlihat oleh mata mereka, sangat ironis mendapatkan piala kebersihan tapi masyarakatnya kurang peduli ihwal kebersihan. Lebih ironis lagi dengan Dafa, waktu sekolah dipuja-puja anak wanita, kini saya melihat beliau tak dihiraukan sebab pekerjaannya itu. |
Sudut pandang dalam kutipan kisah di atas ialah ....
a. Orang ketiga pelaku utama
b. Orang ketiga di luar kisah
c. Orang pertama pelaku utama
d. Orang pertama pelaku sampingan
40. lah kutipan kisah berikut !
Fitri hanya bisa mengelus dada melihat kelakuan Kemal. Berkali-kali ia mengingatkan Kemal biar tidak menyia-nyiakan Vita tapi tak didengarnya. Kebaikan dan pengorbanan Vita tak dihargai Kemal, keluh Fitri. ”Ke kantin yu!” ajak Kemal suatu hari kepada Inggi. |
Cara pengarang menggambarkan tabiat Nia dalam kutipan kisah tersebut adalah….
a. diceritakan tokoh lain
b. dialog antartokoh
c. tingkah laku tokoh
d. diceritakan pribadi pengarang
II. Jawablah pertanyaan berikut ini!
41. Perhatikan ilustrasi berikut !
Beberapa orang siswa sedang berdialog membahas rencana mengisi libur sekolah. Mereka kebingungan dengan kegiatan yang akan dipilih. Akhirnya mereka memutuskan kegiatan itu untuk berkemah |
Buatlah obrolan sederhana menurut ilustrasi tersebut!
42. lah obrolan berikut !
Widya : Sebenarnya, apa yang terjadi pada Amel, Bu? Mury : Amelmengalami kasus kekerasan yang dilakukan majikannya di Jakarta. Widya : Lalu, bagaimanakah kasus itu sekarang, Bu Mury : Kasus kekerasan yang dialami Amel telah ditangani secara cepat dan tegas oleh Disnakertrans. Widya : Langkah apa yang telah ditempuh oleh mereka, Bu? Mury : Saat ini, langkah yang ditempuh antara lain dengan membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis. Widya : Bagaimana dengan proses hukum? Mury : Proses aturan juga telah berjalan. Terbukti, majikan Amel kini sudah ditahan. Hal yang jelas, biro yang menyalurkan menjadi pekerja itu legal. Kami sudah memanggil pengelola perusahaan itu. |
Buatlah komentar terhadap pendapat narasumber dalam obrolan di atas !
43. Perhatikan ilustrasi berikut !
Sebagai orang yang mau mandiri, Fathan membuka rumah makan. Berbagai aneka kuliner yummy tapi murah, baik tradisional maupun kuliner Eropa tersedia. Kebetulan letak rumah makannya bersahabat lampu merah perempatan kota. Untuk memperkenalkan rumah makan itu, Fathan memasang iklan pada sebuah harian |
Buatlah iklan menurut ilustrasi di atas !
44. Perhatikan wacana berikut !
Seorang pengamat pendidikan, Prof Dr HM Norsanie Darlan yang juga akademisi Universitas Palangka Raya (Unpar) Kalimantan Tengah berpendapat, perlu embel-embel jam berguru bagi anak didik sesudah tragedi kabut asap. Penambahan jam berguru itu terutama bagi sekolah yang meliburkan anak didik ketika serangan kabut asap, saran Guru Besar Unpar tersebut ketika berada di Banjarmasin. "Penambahan jam berguru itu bisa diadaptasi atau minimal tiga jam pelajaran sehari menjelang final semester," lanjut pria kelahiran Anjir Kapuas, Kalteng tersebut dalam percakapan dengan Antara Kalimantan Selatan (Kalsel). Karena, ujar Koordinator Wilayah Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kalteng tersebut, sasaran capaian pendidikan tidak bisa sama dalam penilaian dengan masa/kondisi normal. "Tapi kalau tiga jam pelajaran tentu tidak bisa bagi bawah umur kita. Paling banter dua jam sehari. Sehingga sasaran pencapaian penilaian pada final Januari 2016 gres bisa dilaksanakan. Untuk memenuhi sasaran capaian pendidikan anak tersebut, beliau mengharapkan, kerjasama antara sekolah (guru), orang renta murid dan masyarakat di daerah yang terkena tragedi alam asap tahun ini. Kabut asap di Kalteng dan provinsi lain mulai mereda beberapa hari belakangan dan jarak pandang sudah agak normal pada jarak tertentu.Begitu pula para penderita nanah saluran pernafasan akut (Ispa) sebab asap mulai menurun. Namun permasalahan yang muncul ialah sasaran capaian pendidikan, apa sudah tercapai seiring gangguan kabut asap, demikian Norsanie. |
Buatlah rangkuman wacana di atas !
45. Buatlah paragraf yang menggambarkan pecahan alur kisah yang menyatakan pemaparan / pengenalan (eksposisi) dalam sebuah cerpen!
III. Mengarang
Petunjuk Khusus
1. Buatlah karangan dengan kerangka karangan yang sudah disediakan!
2. Kembangkan kerangka karangan menjadi karangan berupa laporan!
3. Gunakan bahasa yang baik dan benar!
Kerangka karangan:
Studi Wisata Ke Yogyakarta
A. Rencana libur sekolah
1. Libur sekolah telah tiba
2. Libur sekolah kelas IX diisi dengan studi wisata ke Yogyakarta
B. Studi wisata ke Yogyakarta
1. Tahap persiapan / sebelum keberangkatan
a. Pembagian kiprah yang harus diselesaikan
b. Pembagian bus
c. Sambutan ketua rombongan
2. Tahap pelaksanaan
a. Keberangkatan dilepas kepala sekolah
b. Pemandangan selama di perjalanan
c. Objek-objek wisata yang dikunjungi
d. Kegiatan selama di objek wisata
C. Kesan studi wisata
1. Peserta studi wisata merasa terkesan
2. Peserta menciptakan laporan secara berkelompok
Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Smp Kelas 9 Semester Ganjil
4/
5
Oleh
Anonymous