Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Smp Kelas 8 Semester Ganjil

Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Ganjil

Bagi bapak dan ibu guru Sekolah Menengah Pertama sebentar lagi akan memasuki final semester ganjil atau gasal, biasanya akan disibukkan dengan menciptakan soal untuk Ujian Akhir Semester (UAS) atau Penilaian Akhir Semester (PAS). 


Pada kesempatan ini saya akan membuatkan soal-soal yang mungkin bisa dijadikan rujukan untuk Penilaian Akhir Semester atau Ujian Akhir Semester khususnya pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester ganjil. 


Berikut kumpulan Soal-soal Penilaian Akhir Semester Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester 1 :

I.     Pilihlah salah satu jawaban yang benar dari pilihan jawaban yang tersedia!

1.        lah paragraf berikut !
(1)  OSIS Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Anjatan berencana mengadakan bakti sosial dalam rangka mengisi libur semester pertama. (2) Kegiatan-kegiatan yang sudah diagendakan yaitu penanaman seribu pohon dan pembagian bibit pohon. (3) Pengadaan bibit pohon berasal dari sumbangan satu siswa satu pohon. (4) Penanaman akan dilakukan di kawasan sekitar sekolah yang sering dilanda longsor bertepatan dengan datangnya musim  hujan.
Gagasan  utama paragraf di atas yakni ….
A.  Datangnya ekspresi dominan hujan                                 
B.  OSIS Sekolah Menengah Pertama Negeri Anjatan                             
C.  Rencana kegiatan bakti sosial
D.  Pembagian bibit tanaman
2.        lah paragraf berikut !
Kebakaran hutan terus terjadi. Hingga Jumat (23-10-2015) pagi, terpantau ada 826 titik api di Sumatra dan 974 titik api di Kalimantan. Masih banyaknya jumlah  titik api tersebut menciptakan kualitas udara terus memburuk hingga sudah masuk kategori tidak sehat. Upaya pemadaman belum membuahkan hasil meski sudah dibantu negara tetangga.
Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam  paragraf tersebut adalah...
A.  Kapankah upaya pemadaman kebakaran hutan akan berhasil ?
B.  Bagaimana upaya pemerintah menanggulangi udara yang tidak sehat ?
C.  Siapa yang bertanggung jawab terhadap kebakaran hutan itu ?
D.  Berapa titik api yang terpantau di Sumatra dan Kalimantan?
3.        lah paragraf berikut !
Liburan kenaikan kelas yang kemudian saya bersama adik, ayah, dan ibu pergi ke Puncak. Kebetulan sekali paman memiliki  vila. Kami berangkat pukul 07.00 dengan memakai mobil. Ayah sendiri yang mengemudikan mobil. Sepanjang perjalanan kami menikmati pemandangan, jalan yang berkelok-kelok, kendaraan yang berlalu lalang, vila-vila yang bertebaran. Di Puncak udaranya sangat sejuk, berbeda dengan Indramayu. Kami sangat menikmati liburan. Tak terasa seminggu di sana. Kamipun berkemas pulang. Tepat pukul 17.00 kami hingga kembali di rumah
Pokok-pokok laporan perjalanan tersebut adalah….
A.  pergi berlibur, vila paman, keadaan di Puncak, kembali pulang
B.  pergi berlibur, di perjalanan, keadaan di Puncak, kembali pulang
C.  pergi berlibur, keberangkatan, di tempat liburan, kembali pulang
D.  pergi berlibur, naik mobil, di tempat liburan, kembali ulang
4.        Perhatikan teks berikut !
Perbedaan pandangan antara pihak Kemenpora dan pengurus  PSSI terus berlanjut meski PTUN sudah memenangkan somasi PSSI. Kemenpora belum mau mencabut pembekuan PSSI bahkan membentuk Tim Transisi yang bertujuan mengambil alih penyelenggara  kompetisi sepak bola.  Seperti yang kita ikuti dalam banyak sekali pemberitaan di media, otoritas sepak bola tertinggi di tanah air (PSSI) menghentikan kegiatan kompetisi di banyak sekali jenjang. Akibatnya, para pemain, pengurus klub, pedagang atribut banyak yang merasa kehilangan pendapatan. FIFA pun menjatuhkan hukuman kepada PSSI.
Tanggapan logis sesuai dengan isi laporan di atas yakni …
A.  PSSI dan Kemenpora harus mengakhiri konflik demi persepakbolaan Indonesia
B.  Pemerintah harus memberi menegur FIFA  terhadap hukuman kepada PSSI
C.  PSSI harus segera mengganti pengurus ketika ini dengan supaya kompetisi kembali berjalan.
D.  FIFA tidak perlu mencampuri persepakbolaan Indonesia karena sudah ada PSS
5.        Perhatikan teks laporan berikut !
Kemenangan Persib 2-0 atas Sriwijaya FC di partai final Piala Presiden 2015 disambut bangga ribuan bobotoh. […] Penyerahan piala dilakukan pribadi oleh Presiden Joko Widodo. Kemenangan itu sekaligus mengobati kerinduan pecinta sepak bola di Jawa Barat  semenjak dihentikannya kompetisi ISL.
       Kalimat yang sempurna untuk melengkapi paragraf laporan di atas adalah...
A.  Gol pertama dicetak oleh Ahmad Jufriyanto dan gol kedua oleh Makan Konate.
B.  Kirab kemenangan Persib dilaksanakan pada hari Minggu di Bandung.
C.  Putaran final dimeriahkan dengan jadwal nonton bareng di mana-mana.
D.  Pemenang turnamen ini akan mewakili Indonesia dalam kejuaraan Asia.
6.        Perhatikan teks berikut !
Kekerasan terhadap anak kembali menjadi pemberitaan di banyak sekali media. Belum hilang dari ingatan masalah yang menimpa Angelina, di Jakarta dihebohkan anak kelas dua SD yang jasadnya ditemukan dalam kardus. Kekerasan terhadap anak bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengimbau pemerintah supaya pelaku kekerasan terhadap anak dieksekusi seberat-beratnya
Judul yang sempurna untuk teks di atas yakni ….
A.  Belum hilang dari ingatan                                  C. Komisi sumbangan anak
B.  Kekerasan terhadap anak                                    D. Hukuman berat pelaku kekerasan
7.        Perhatikan teks berikut !
Pada hari Minggu yang kemudian kami sekeluarga berwisata ke tempat-tempat wisata di wilayah Cirebon dan Kuningan. Pagi-pagi kami berangkat dari Anjatan menuju Cibulan. Karena sudah sering ke sana sehingga hanya sebentar. Perjalanan kami lanjutkan ke Wilayah Cilimus yaitu  Museum Linggarjati, Pemandian Air Panas Sangkanurip. Di Sangkanurip kami lupa waktu. Tak terasa hari sudah sore. Sebetulnya kami ingin ke Taman Ade Irma dan Keraton Cirebon, sayang waktunya sudah sore.
       Laporan perjalanan tersebut memakai teladan urutan….
A.  ruang                           B. topik                           C. kepentingan                D. waktu
8.        lah teks berikut !
Setelah diteliti, pestisida sanggup merusak ekosistem air yang berada di sekitar lahan pertanian. Mengapa demikian? Jika pestisida digunakan, akan menghasilkan sisa-sisa air yang mengandung pestisida. Air yang mengandung pestisida ini akan mengalir melalui sungai atau aliran irigasi dan sanggup menyuburkan ganggang di perairan tempat sungai atau irigasi tadi bermuara.
Simpulan paragraf tersebut yang sempurna yakni ...
A.  Air berpestisida menyuburkan ganggang.          C. Pestisida merusak ekosistem air.
B.  Air berpestisida mengalir melalui sungai.          D. Pestisida mengalir melalui sungai
9.        Perhatikan gambaran berikut !
Beberapa siswa sedang melaksanakan wawancara dengan Pembina OSIS Sekolah Menengah Pertama Nesan sehabis kegiatan UAS. Topik yang mereka angkat yaitu”Pentingnya Porseni dalam mengembangkan minat dan talenta siswa”.
       Daftar pertanyaan yang sesuai dengan topik di atas adalah...
A.  1) Apa perjuangan yang Bapak lakukan untuk merangsang minat siswa dalam olahraga dan seni?
     2) Seberapa penting wadah ekstrakurikuler untuk menyalurkan talenta dan minat siswa ?
     3) Bagaimana tanggapan warga sekolah dan orang bau tanah siswa  terhadap jadwal Bapak ?
B.  1) Betulkah Bapak menggulirkan program  porseni untuk  menghasilkan bibit seniman?
     2) Apakah Bapak menganggarkan dana untuk menyukseskan jadwal itu ?
     3) Bagaimana masyarakat sanggup menikmati jadwal kesenian, contohnya ketika hajatan?
C.  1) Apakah masyarakat ikut terlibat dalam gerakan mengembangkan talenta siswa ?
     2) Apa yang Bapak lakukan selama menjadi pembina OSIS Sekolah Menengah Pertama Nesan ?
     3) Bagaimana upaya mengantisipasi kesulitan biaya dalam menjalankan jadwal ini?
D.  1) Berapa lama jadwal mengembangkan talenta dan minat siswa digalakkan ?
     2) Bila dana yang diperlukan kurang mendukung bagaimana cara mengantisipasinya
     3) Para siswa  terbiasa dengan menonton kesenian kawasan ?
10.    Perhatikan teks berikut !
Anne (1)    :  ”Bagaimana persiapan piknikmu?”
Nada (2)     :  ”Alhamdulillah, semua sudah beres, baju-baju, masakan kecil, terutama bekal uang dan Hp semua sudah oke”
Anne (3)    :  ”Syukurlah. Mudah-mudahan kita bisa satu bus, bahkan satu kamar di hotel nanti!”
Nada (4)    :  ”Wah, niscaya seru!”
Bentuk kalimat tidak langsung  menurut obrolan nomor (3) di atas yakni ...
A.  Anne menanyakan wacana persiapan piknik kepada Nada.
B.  Anne mengharapkan supaya bisa satu bus bahkan satu kamar dengan Nada.
C.  Anne menyampaikan bahwa persiapan pikniknya sudah besres semua.
D.  Anne menginformasikan bahwa ia dan Nada bisa mendapatkan pengalaman seru.
11.    lah teks berikut !
Wartawan    :    Sejak kapan Ibu memakai kompor gas?
Ibu Ayu       :    Saya mulai memakai kompor gas dua bulan yang lalu.
Wartawan    :    Mengapa Ibu memakai kompor gas, bukan kompor biasa?
Ibu Ayu       :    Memang, dulu saya memakai kompor minyak tanah. Tetapi, karena sering terjadi kelangkaan minyak tanah balasannya saya berpindah ke kompor gas.
Wartawan    :    Kira-kira bagaimana perbedaannya, baik kelemahan maupun kelebihan, memakai kompor gas dibandingkan kompor biasa.
Ibu Ayu       :    Bagi saya, segi biaya tidak begitu saya rasakan. Walaupun kompor gas dari segi biaya lebih mahal, banyak kelebihannya dibandingkan dengan kompor minyak tanah. Ketika terjadi kelangkaan minyak tanah dan harga naik, kita harus antri untuk mendapatkannya. Ini kan malah menciptakan kita repot.
Simpulan  wawancara di atas yakni ....
A.  perbedaan kompor gas dan kompor biasa          C. penggunaan kompor gas dari kompor biasa
B.  manfaat kompor gas                                           D. kelemahan dan kelebihan kompor gas
12.    Perhatikan denah berikut!
Berdasarkan denah tersebut,  pernyataan yang benar adalah...
A.  Sekolah Dasar terletak di sebelah utara bank dan rumah sakit.
B.  Taman terletak di sebelah timur bank dan gedung kesenian
C.  Gedung kesenian dan taman terletak pada jalan yang sama.
D.  Bank berada di antara rumah sakit dan gedung kesenian




13.    Perhatikan denah berikut !

       Emily tinggal di jalan Cempaka (A), pagi itu berangkat ke sekolah. Saat akan belok ke pintu gerbang sekolah, sepeda motornya ditabrak kendaraan lain. Emily dibawa ke rumah sakit. Perjalanan paling efektif menuju rumah sakit adalah…
A.  Dari sekolah masuk ke Jalan Melati belok kanan masuk Jalan Kenanga terus masuk Jalan Dahlia belok kanan ke Jalan Mawar.
B.  Dari Jalan Melati belok melalui Jalan Kenanga kemudian belok kiri melalui Jalan Anggrek belok ke Jalan Cempaka belok kanan ke Jalan Raflesia belok kiri.
C.  Dari sekolah masuk Jalan Melati menyeberang Jalan Kenanga terus ke barat hingga di pertigaan Jalan Dahlia lurus hingga jalan buntu.
D.  Dari Jalan Cempaka belok kiri masuk Jalan Anggrek terus belok kiri melalui Jalan Dahlia dan masuk Jalan Mawar.
14.     Perhatikan denah berikut!                                                                                               
                                                                                  
Kalimat tanya yang jawabannya terdapat pada denah tersebut yakni ...
A.  Mengapa hanya ada empat  seksi yang membantu kerja ketua OSIS?
B.  Bagaimana cara ketua OSIS menegur kedisiplinan para staf?
C.  Siapakah yang pertama kali menangani duduk kasus siswa?
D.  Siapakah yang membantu kinerja ketua OSIS?
15.    Perhatikan pernyataan berikut!
(1)      Tuangkan mi dan kuahnya ke dalam mangkuk, aduk dengan bumbu hingga merata.
(2)       Sementara mi direbus, campurkan bumbu, minyak bumbu, dan bubuk cabe ke dalam mangkuk.
(3)       Mi enak siap disajikan.
(4)       Rebus mi dalam 400 cc (2 gelas) air mendidih selama 3 menit sambil diaduk.
Urutan petunjuk cara menyajikan mi instan yang sempurna yakni ....
A.  1 – 2 – 3 – 4                B. 4 – 2 – 1 – 3                C. 4 – 3 – 1 – 2               D. 2 – 1 – 4 – 3
16.    Perhatikan petunjuk berikut !
Membuat Puding Kelapa Muda
(1)    Sediakan agar-agar, gula, santan, kelapa muda, vanili,  dan telur kemudian kocok.
(2)      Masak air hingga mendidih.
(3)    Setelah mendidih, masukkan agar-agar, vanili, gula, dan telur yang sudah dikocok dalam santan.
(4)    Biarkan hingga mendidih kembali, kemudian angkat.
(5)   
(6)    Hiasi dengan kelapa muda.
(7)    Biarkan hingga dingin, sajikan.
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi petunjuk tersebut yakni ...
A.  Biarkan masbodoh dalam lemari es.                         C. Biarkan mengeras  potong dan sajikan
B.  Masak gabungan dengan api sedang.                     D. Lalu tuang ke dalam cetakan
17.    Perhatikan kutipan petunjuk berikut!
Mengurangi Berat Badan :
(1) Hindari makan tiga hingga empat jam sebelum tidur supaya tidak terjadi penumpukan lemak.
(2) Kurangi konsumsi lemak dalam sajian sehari-hari. Pilih masakan berkadar lemak rendah.
(3) Pilihlah masakan yang dibakar, dipanggang atau direbus.
(4) Kurangi penggunaan mentega atau margarin ketika makan roti.
(5) Ganti biskuit dan kudapan lain dengan buah-buahan segar bila kebetulan muncul keinginan ngemil.
(6) Jangan makan melewati waktu. Hanya kelaparan mendorong Anda makan terburu-buru dan terlalu   banyak.
(7) Jangan makan ketika sedang bosan atau merasa tertekan. Carilah kegiatan lain yangpositif untuk menggantikan perasaan tersebut.
       Perbaikan yang sempurna untuk menggantikan kalimat petunjuk nomor (6) yakni ...
A.  Jangan melewati orang makan. Kelaparan hanya mendorong Anda makanterburu-buru dan terlalu banyak.
B.  Melewati waktu makan jangan. Kelaparan hanya mendorong Anda makanterburu-buru dan terlalu banyak.
C.  Jangan melewatkan waktu makan. Rasa lapar akan mendorong Anda makanlebih banyak.
D.  Melewati waktu makan jangan.terburu-buru dan terlalu banyak menjadikan Anda kelaparan
18.    Perhatikan teks berikut !
Data buku kuning (yellow page) yang merupakan cuilan dari buku telepon
1)    Haryadi Kardangan ...........................    897-021
2)    Hartomo Sukoharjo ...........................    896-843
3)    Haryanto Kardangan ..........................  897-031
4)    Haryati Tanen ....................................   898-080
5)    Hartono Baru Kaliurang .....................   895-302
6)    Haryono Cangkringan .......................    898-167
7)    Hartadi Turi .......................................    895-919
       Urutan yang alfabetis dari data di atas adalah….
A. 2, 4, 7, 5, 1, 3, 6         B. 7, 2, 5, 1, 3, 4, 6          C. 2, 4, 5, 7, 1, 6, 3         D. 7, 2, 1,4, 6, 5, 3
19.   
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMP NEGERI 1 ANJATAN
Jalan  Raya Anjatan - Indramayu
Nomor  :  10/OSIS/G/2015                                     (1) ........
Hal       :   Undangan

Teks surat untuk soal nomor 18 hingga dengan 20






Tanggal surat yang sempurna untuk mengisi bagian  rumpang (1)  pada surat tersebut yakni ....
A.  Anjatan, 3 Desember 2015                                 C. 3 - Desember - 2015
B.  Anjatan, 3 Desember 2015                                 D. 3 Desember 2015
20.    Perhatikan kutipan surat berikut !
Kepada : Yth. Pengurus OSIS
        Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Anjatan
Perbaikan yang sempurna alamat surat  di atas adalah….
A.  Kepada yth. Pengurus Osis Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Anjatan
B.  Kepada Yth: Pengurus OSIS Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Anjatan
C.  Yth.  Pengurus OSIS Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Anjatan
D.  Yth, Pengurus OSIS Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Anjatan
21.    Perhatikan kutipan surat berikut !
Pengurus OSIS

Dengan hormat,
[...]
hari/tanggal      : Sabtu, 12 Desember  2015
waktu               : Pukul 14.00—16.00
tempat              : Ruang OSIS
acara                : Pembentukan panitia Hari Ibu
Pernyataan yang sempurna untuk melengkapi paragraf  pembuka surat di atas yakni ….
A.  Sehubungan akan diselenggarakan peringatan hari ibu pada 20 s.d. 22 Desember 2015, kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada
B.  Sehubungan akan diselenggarakan peringatan hari Ibu pada tanggal 20 s.d. 22 Desember 2015 kami mengharapkan kehadiran Saudara pada
C.  Sehubungan dengan pelaksanaan peringatan Hari Ibu pada tanggal 20 s.d. 22 Desember 2015, kami mengharap izin saudara pada
D.  Sehubungan akan diselenggarakan peringatan hari Ibu pada tanggal 20 s.d. 22 Desember 2015 kami mengharapkan kehadirannya pada
22.    Perhatikan teks surat berikut !
Dengan hormat,
Sesuai dengan jadwal kerja OSIS Sekolah Menengah Pertama Negri 1 Anjatan, pengurus bermaksud mengadakan ekspo yang bertepatan dengan pembagian raport yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal      :    Sabtu, 19 Desember 2015
waktu               :    Pukul 08.00 – 14.00
tempat              :    Aula
Untuk keperluan tersebut,  kami mengundang  Bapak untuk berkenan sekaligus membuka jadwal tersebut.
     [....]
Pernyataan yang sempurna untuk melengkapi paragraf  penutup  surat di atas adalah...
A.  Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas kehadirannya kami ucapkan beribu-ribu terima kasih.
B.  Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas kehadiran Saudara, kami ucapkan beribu-ribu terima kasih.
C.  Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas kehadiran Bapak, kami ucapkan terima kasih.
D.  Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas kehadiran Anda, kami ucapkan terima kasih.
23.    Perhatikan teks surat berikut !
Unit kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Anjatan akan mengadakan kegiatan bakti sosial donor darah  di Gedung Olahraga Amanah Anjatan pada tanggal 28 November 2015, pukul 08.00 hingga dengan 15.00. Untuk itu, kami mohon izin Bapak untuk sanggup menggunakan gedung tersebut. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.
       Isi surat tanggapan yang tepatterhadap surat tersebut yakni ...
A.  Sehubungan   dengan   kegiatan   tersebut,   kami   mohon   pengelola   gedungmengirimkan ajuan kepada kami untuk dipelajari.
B.  Terima kasih, atas ketersediaan Bapak untuk meminjamkan gedung tersebut.Semoga bermanfaat.
C.  Saya   mengucapkan   terima   kasih   kepada   pengelola   Gedung   Olahraga  ataskepercayaannya kepada kami.
D.  Kami mohon maaf kepada pengurus PMR Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Anjatan  karena gedungakan digunakan pada tanggal tersebut
24.           lah kutipan drama berikut!
Rifaldi             :    Toloong ada yang mau jahat kepada saya !
Orang-orang    :    Mana…..mana orangnya ?
Santana            :    Ayo kita hajar biar kapok !
Awan               :    Jangan…..jangan ! Kita tak boleh main hakim sendiri.
Bukti tabiat Awan dalam kutiban  drama tersebut bijaksana adalah…..
A.  Dia mau membantu orang yang berbuat jahat
B.  Dia membertahukan orang yang berbuat jahat
C.  Dia mengingatkan orang-orang untuk tidak main hakim sendiri.
D.  Dia mengajak orang-orang untuk menghajar perampok
25.  lah kutipan naskah drama berikut !
Matahari mestinya beliau atas kepala, tapi ketika itu gerimis tak juga reda…
Lulu dan  Maya  :   (mengetuk pintu dan memberi salam)
Nenek                  :   (datang dari belakang) Teman-teman Mita, ya? Ayo masuk!
Lulu                     :   Iya Nek. Kami teman-teman Mita, sudah dua hari ini Mita tidak masuk.
Nenek                  :   Ya, Nak. Dari kemarin tidur-tiduran terus.
Maya                  :   (duduk di ranjang Mita) Mit, bagaimana kondisimu?
Latar kutipan naskah drama di atas yakni .…
A.  di ruang tamu, siang hari                                    C. di ruang belajar, siang hari
B.  di rumah, sore hari                                              D. di kamar, siang hari
26.    Perhatikan naskah drama  berikut !
Guru   :Apakah benar kau menulis kata-kata kotor di dinding toilet siswa?
Yoga   :  Benar, Pak!
Guru : Mengapa itu kamu lakukanitu?
Yoga   :  Saya mohon maaf, Pak. Saya hanya iseng saja.
Guru :  Jangan diulang lagi, karena toilet  menjadi kotor dan sanggup menyebabkan hal-hal negatif. Kamu harus bertanggung jawab, dan mengecat toilet menyerupai sedia kala.
       Isi dialog  di atas yakni . . .
A.  Membicarakan hukuman siswa yang melanggar tata tertib sekolah
B.  Siswa yang berani melaksanakan coret-coret di dinding akan dikeluarkan dari sekolah
C.  Siswa yang menulis kata-kata kotor dan diberi hukuman untuk membersihkan.
D.  Kenakalan siswa di sekolah yang dikeluhkan oleh guru dan siswa.
27.    Perhatikan teks berikut !
(1) Mengenang hero yang berjasa bagi bangsa dan negara, sudah sewajarnya kita lakukan, alasannya yakni tanpa mereka itu kita yang hidup di zaman ini mustahil mengisi kemerdekaan. (2) Tugas kita mengisi kemerdekaan itu  sesuai profesi kita masing-masing, termasuk sebagai pelajar. (3) Semangat juang para hero bangsa itu, hendaknya dijabarkan menjadi kerja keras mencar ilmu meraih cita-cita. (4) Adalah keliru apabila kita terlena dan hanya berhura-hura saja.
Kalimat utama  paragraf tersebut terdapat pada kalimat  nomor ....
A.  (1)                              B. (2)                               C. (3)                              D. (4)      
28.    lah teks berikut !                 
Masker wajah mempunyai banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur sanggup mengurangi lemak. Masker cokelat sanggup melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan noda hitam dan menciptakan kulit wajah lebih berseri. Menggunakan masker wajah sanggup menghaluskan dan menyehatkan wajah. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal. Pergunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita peroleh.
Pernyataan yang sesuai dengan isi  bacaan tersebut adalah...
A.  Fungsi masker dan penggunaannya.                   C. Gunakan masker sesuai dengan kulit.
B.  Masker menciptakan kulit wajah berseri.                 D. Masker lumpur mengurangi lemak.
29.    Cermati teks berikut !
Perpustakaan Berdikari diresmikan di  Oktober 1995. Waktusaat ini Perpustakaan Berdikari mempunyai ribuan jenis buku dengan tertata rapi. Ini sesuai olehdata pada bulan Oktober  2015.
Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut yang sempurna yakni ….
A. dalam, ketika, dengan                                         C. pada, hingga, dengan
B. kepada, sewaktu, di                                            D. saat, sampai, pada
30.    lah wacana berikut !
(1)  Pengunjung sanggup memperoleh wawasan budaya dalam Festival Cimanuk. (2) Pengunjung pun sanggup menikmati banyak sekali masakan yang disajikan. (3) Festival itu bisa menyedot perhatian masyarakat luas. (4) Festival itu pun sudah  diagendakan setahun sekali oleh Pemerintahan Provinsi Jawa Barat.
Kalimat pasif pada wacana di atas ditandai nomor ….
A.  (1)                              B. (2)                               C. (3)                              D. (4)      
31.    Perhatikan paragraf berikut !
(1) Buah mengandung banyak vitamin. (2) Selain itu, buah mengandung banyak sekali jenis asam dan enzim yang diperlukan untuk badan dan kulit. (3) Karena itu, sari buah-buahan digunakan dalam produk kosmetik. (4) Buah dijual orang di mana-mana.
Kalimat sumbang pada wacana di atas ditandai nomor….
A.  (1)                              B. (2)                               C. (3)                              D. (4)      
32.    lah teks berikut !
(1) Sudah menjadi sifat konsumen untuk berlaku konsumtif. (2) Senang belanja apa saja dan kapan saja. (3) Tidak terkecuali penampilan diri, baik pakaian atau perlengkapan. (4) Bagaimana cara mendapatkannya, itu soal kedua. (5) Bisa saja dengan membeli barang baru, atau menunggu ketika obral. (6) Beli tidak kontan, bisa dengan mengangsur ada yang dengan memperolehnya. 
Perbaikan terhadap kalimat nomor (6) bacaan tersebut yakni ...
A.  Tidak bisa beli kontan, bisa memperolehnya dengan mengangsur.
B.  Tidak bisa beli, ada mengangsur yang memperolehnya dengan kontan. 
C.  Ada yang beli mengangsur, dengan kontan untuk memperoleh bila tidak mampu.
D.  Beli   kontan jika  tidak   mampu   ada   yang   memperolehnya  dengan   cara mengangsur.
33.    Cermati wacana berikut !
Pemerintah perlu melaksanakan reformasi pada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). PLN tidak boleh monopoli penyediaan listrik. Seruan itu tiba dari kalangan pengusaha yang merasa terpukul dengan krisis listrik. Pihak swasta yang hendak mempunyai pembangkit listrik sendiri hendaknya diberikan fasilitas perizinan. Jika   hal itu dilakukan,krisis listrik yang merugikan konsumen sanggup teratasi.
Rangkuman bacaan tersebut yang sempurna yakni …
A.  Krisis listrik sangat merugikan para pengusaha. Hal itu sangat merugikan konsumen.
B.  Perlu dipermudah perizinan mempunyai pembangkit listrik sendiri supaya kerugian konsumen sanggup teratasi.
C.  Pemerintah perlu mereformasi PLN dan memberi pihak swasta fasilitas perizinan
D.  Pengusaha menyerukan supaya pemerintah melaksanakan reformasi pada PT Perusahaan Listrik Negara.
34.    lah kutipan novel  berikut!
Saat angkot yang kutumpangi berhenti di seberang jalan depan rumahku, senja yang gelap sudah berganti malam dan hujan belum berhenti juga. Aku terpaksa berlari dan berteduh di emper toko depan gang  untuk sementara. Kulihat beberapa pengendara sepeda motor sudah banyak kembali ke rumah masing-masing. Seorang bapak bau tanah sedang melindungi isi gerobak barang-barang rongsokannya dengan plastik.
      Latar kutipan cerpen tersebut yakni ....
A.    senja di rumah                                                     C. sore di pinggir jalan
B.     malam di emper toko                                         D. senja di jalanan
35.    Perhatikan kutipan kisah berikut !
Pagi hari berhambur cuaca nan cerah, matahari menerobos kios-kios pasar. Tanpa sengaja saya kepergok Nia. Aku kikuk. Tak kusangka kalau sudah setahun tidak kutemui karena Nia sibuk kuliah di kota, toh bertemu juga. Aku makin kagum, Nia masih menyerupai yang dulu,  Nia tetap lembut dan ramah. Kesederhanaan dan  dan kesantunan tak tergerus kehidupan kota.
       Cara pengarang menggambarkan abjad Nia dakam kutipan kisah tersebut  adalah….
A.  dialog antartokoh                                             C. diceritakan tokoh lain
B.   tingkah laris tokoh                                           D. diceritakan pribadi pengarang.
36.    Perhatikan kutipan novel berikut !
Ketika sekolah beristirahat dan tiba kesempatan sebaik-baiknya untuk minta porsekot gajinya, guru Isa menjadi ragu-ragu. Timbul kebimbangan dalam hatinya. Dia takut akan merasa aib bila permintaannya ditolak oleh guru kepala. Sementara itu, hatinya galau pula memikirkan bila tidak membawa uang, Fatimah di rumah akan mengomel kepadanya.
Dalam kutipan novel tersebut konflik terjadi antara . . . .
A.  guru Isa dengan dirinya sendiri                          C. guru Isa dengan Fatimah
B. guru Isa dengan guru kepala                               D. guru kepala dengan Fatimah
37.          Perhatikan kutipan novel berikut !
Setelah mengetahui uang kembalinya lebih, cukup lama Putri termenung dan berpikir. Akhirnya ia tetapkan untuk tidak mengembalikan uang kembaliannya yang lebih itu. Ia tampak bangga sekali, segera dikayuhnya sepedanya perlahan-lahan sambil bersiul meninggalkan toko itu. Menurutnya pelayan toko itu sudah lupa akan kekeliruannya. “Inikan rezekiku”, katannya dalam hati. Hari-hari berikutnya Putri gelisah, tidak damai karena memikirkan hal itu
Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah............
A.  Jangan terlalu lama merenung dan tetapkan sesuatu
B.  Jika mendapatkan sesuatu yang bukan milik kita, kembalikan kepada pemiliknya
C.  Bila mendapatkan uang  kembalian lebih ketika berbelanja anggaplah hal itu sebagai rezekimu
D.  Berhati-hati bila berbelanja apalagi memakai sepeda di jalan raya.
38.    Perhatikan kutipan novel berikut !
Bel berbunyi. Windy bergegas merupakan alat tulisnya. Kali ini ia tidak ikut latihan ekstrakurikuler basket kesukaannya. Ia harus segera meninggalkan lingkungan sekolah. Setiba di rumah kontrakan, Erika, kakaknya sedang menangis. Jelas Windy kaget, apalagi dingklik dan televisi di ruang itu tidak ada lagi.
“Kak, mengapa menangis?”
“Bu Tuti, Win,…. Bu  Tuti telah mengambil semuanya!” sahut Erika dalam isak tangisnya
Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan novel di atas adalah....
A.  Orang pertama pelaku utama                              C. Orang kedua pelaku utama
B.  Orang pertama pelaku sampingan                      D. Orang ketiga di luar cerita
39.    Perhatikan kutipan naskah drama berikut !
Laras           :     Mengapa tadi tidak masuk ?
Setiawati      :     (tertunduk) Aku aib belum bisa bayar iuran.
Laras           :     [...]
Setiawati      :     Terima kasih, Ras, kau memang sahabat terbaik, selalu membantu kesulitanku .
Laras           :     Bisa saja kamu. Itu sudah menjadi kewajiban sebagai teman.
Kalimatyangtepatuntuk melengkapi kutipan drama tersebut yakni ....
A.  Kamu sih, sudah tahu kurang bisa memaksakan diri sekolah.
B.  Jangan kaupikirkan lagi, hal itu sudah diselesaikan, kok.
C.  Bagimu uang memang jadi duduk kasus ya . bagaimana kalau  kita  ngamen?
D.  Memang mencari uang penting, tapi lebih penting lagi belajar.
40.    Perhatikan kutipan naskah drama berikut !
Ogi           :   To, maukah kau menolong aku?
Sukito       :   Maksudmu?
Ogi           :   Begini, kemarin saya tidak mengumpulkan kiprah bahasa Indonesia. Aku diberi hukuman tidak boleh ikut pelajaran. Aku sakit hati. Nah, masukkan plastik yang berisi bawah umur tikus yang masih merah ini ke dalam tas Bu  Syifa. Ayo mumpung ruang guru sepi !
Sukito       :   ( … ) Tidak, Gi. Saya tidak berani. Saya tidak mau berbuat duduk kasus lagi.
       Petunjuk lakuan yang sempurna untuk mengisi cuilan yang rumpang dalam kutipan teks drama tersebut, yaitu
A.  menggelengkan kepala                                       C. menganggukkan kepala
B.  melongokkan kepala untuk meneliti benda itu     D. memalingkan muka

II.      ESSAY
Jawablah dengan lengkap dan terang !

41.    Perhatikan teks berikut !
Memahami drama berarti memahami jalan kisah beserta penokohannya khususnya dalam perwatakan. Mengevaluasi bintang film tokoh berarti memperlihatkan apresiasi dan penilaian mengenai pemeranan. Dalam hal ini, kita sanggup mengungkapkan kelebihan dan kekurangan seseorang dalam memerankan tokoh dalam drama. Evaluasi terhadap pemeranan berkaitan dengan karakter, penjiwaan, ekspresi, suara, dan kemampuan aktingnya. Perilaku tokoh berkaitan dengan perwatakannya. Watak tokoh harus konsisten dari awal hingga final drama. Watak yang dimiliki tokoh harus memungkinkan menjalin pertikaian yang berkembang mencapai klimaks. Penokohan harus mempunyai tabiat atau abjad yang berpengaruh dan kontradiktif satu sama lain. Perbedaan tabiat atau sikap tokoh inilah yang bisa menghidupkan kisah dalam drama.Watak para tokoh digambarkan dalam tiga dimensi. Penggambaran itu menurut keadaan fisik, psikis, dan sosiologis.
Buatlah simpulan wacana di atas!
42.    Buatlah teks yang menggambarkan wawancara antara siswa dengan kepala sekolah dengan topik “Upaya menggalakkan kebiasaan hidup sehat ” !
43.    Perhatikan gambaran berikut !
Karena harus menghadapi ulangan final semester, Dewi mencar ilmu hingga larut malam. Tiba-tiba perutnya terasa lapar. Maklum saja tadi sore ia lupa makan. Ketika membuka lemari makan hanya ada nasi. Ia pikir tak mungkin makan  tanpa lauknya. Ia teringat resep menciptakan nasi goreng. Dibukanya kulkas. Ia dapati telur, sosis, bawang daun, dan tomat.
       Buatlah petunjuk  cara  menciptakan nasi goreng menurut gambaran di atas!
44.    Perhatikan gambaran berikut !
Dion yakni ketua dewan penggalang di sekolah. Pada ketika libur semester mengadakan  latihan bersama dengan dewan penggalang sekolah lain. Untuk itu ia mengirim surat undangan berlatih bersama.
Buatlah surat undangan resmi menurut gambaran di atas !
45.    Perhatikan gambaran berikut !
Suatu hari seorang siswa tiba kepada wali kelasnya. Ia mengeluhkan keadaan dirinya yang tak mungkin ikut kegiatan LDK karena tak mempunyai uang. Jangankan untuk LDK, untuk iuran uang kas saja ia banyak menunggak. Mendengar keluhan siswanya tersebut wali kelas berjanji akan membantu kalau memang siswa itu mau ikut LDK.
Buatlah obrolan drama menurut gambaran di atas!

III.   Mengarang
1.    Buatlah karangan berupa laporan
2.    Karangan menurut ilustrasi  kerangka karangan di bawah ini
3.    Gunakan bahasa yang baik dan benar
4.    Panjang karangan ± …  kata
Kerangka karangan :
     LDK  Pengurus OSIS
1.    Pengertian dan tujuan LDK
2.    Pelaksanaan LDK
a.    Waktu
b.    Tempat
c.    Peserta
d.    Jenis kegiatan
3.    Kesan / manfaat mengikuti LDK



Related Posts

Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Smp Kelas 8 Semester Ganjil
4/ 5
Oleh