![]() |
Soal Pre-test UKG (Gambar Info Guru) |
UKG (Uji Kompetensi Guru) adalah untuk memetakan kualitas guru, yang nantinya dijadikan materi pertimbangan guna pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan kenaikan pangkat, promosi jabatan dan lain sebagainya.
Selain itu, kompetensi guru yang diperoleh akan dipakai sebagai materi untuk melaksanakan peningkatan kompetensi secara berkelanjutan (diklat). UKG diikuti oleh semua guru baik guru ASN (Aparatur Sipil Negara) maupun guru non ASN.
Untuk guru yang belum pernah mengikuti UKG maka akan diadakan Pre Test UKG yang diikuti oleh guru ASN atau Non ASN. Untuk yang sudah pernah mengikut UKG mungkin tidak menjadi persoalan tapi bagi yang gres pertama kali mengikuti UKG tentu bertanya-tanya bagaimana referensi soal UKG.
Berikut ini referensi soal pre tes UKG 2017 :
Soal
1. Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan ialah materi pelajaran harus ....
A. Disusun secara logis dan sistematis
B. Sesuai dengan perbedaan individual siswa
C. Bervariasi sesuai acara pembelajaran
D. Sesuai dengan persepsi orang renta dan masyarakat ihwal kebutuhan
2. Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru, kecuali …
A. Mengembangkan kesadaran guru ihwal perpektif, keyakinan, dan nilainilai yang sanggup mendorong siswa mencar ilmu lebih baik
B. Mendukung guru dalam merancang hasil mencar ilmu optimal dari siswa
C. Membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya
D. Mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap mencar ilmu siswa sekaligus pengembangan profesinya
3. Kajian Pustaka memuat ...
A. landasan teori, peneilitian yang relevan, hipotesis, kerangka teori
B. landasan teori, penelitian yang relevan, kerangka pikir, hipotesis
C. landasan teori, kajian pustaka, penelitian yang relevan, hipotesis
D. landasan pikir, penelitian yang relevan, kerangka teori, hipotesis
4. Seorang guru tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan kepada akseptor didiknya. Ia harus bisa mengelola kelas dan memotivasi akseptor didik untuk semangat belajar. Penampilan guru juga harus menarik dan bersikap empatik terhadap akseptor didik. Begitu juga dalam bertutur kata, seorang guru harus memberi referensi bahasa yang santun. Saat di kelas, guru sanggup melaksanakan tindakan untuk menarik perhatian. Misalnya, dengan memberikan kebanggaan atau tanda tertentu, ibarat tepuk tangan atau menghentakkan papan tulis, berkeliling ruangan atau berbicara dengan irama. Bisa juga guru memulai pelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang membangkitkan minat akseptor didik terhadap topik yang dibicarakan. Di tamat pembelajaran guru mengajak akseptor didiknya menyimpulkan pembelajaran yang gres saja dialami akseptor didik. Mereka bisa menuliskan dalam secarik kertas, kemudian membacakannya. Manakah acara akseptor didik dalam refleksi pembelajaran ....
A. Siswa menyimpulkan pembelajaran yang gres saja dialami.
B. Siswa mengikuti arahan guru pada ketika guru memberikan tugas
C. Siswa berbahasa yang santun ketika interaksi kepada guru
D. Siswa bertanya kepada guru perihal pelajaran yang lalu
5. Seorang guru akan memperlihatkan bangun ruang balok dengan memperjelas atau menekankan bagian-bagian balok seperti: sisi, rusuk, diagonal ruang, diagonal sisi, bidang diagonal dengan animasi. Sofware yang sanggup dipakai ialah ...
A. Microsoft Acces
B. Microsoft Word
C. Microsoft Excel
D. Microsoft PowerPoint
6. Aliran dari teori mencar ilmu yang memandang mencar ilmu ialah perubahan persepsi dan pemahaman ialah ....
A. Kognitivisme
B. Humanisme
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
7. Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh citra keberhasilan mengajarnya ialah ...
A. Mencermati kembali kemampuan siswa dalam menuntaskan tugas-tugas yang ia berikan di kelas B. Menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan
C. Mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat
D. Mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa
8. Bagian Pendahuluan Laporan PTK secara urut terdiri dari ...
A. Latar belakang masalh, rumusan masalah, manfaat, pembiayaan
B. Latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, definisi operasional
C. Latar belakang masalah, rumusan masalah, seting penilitian, definisi operasional
D. Latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, kerangka pikir
9. Para siswa kelas 2 SD mencar ilmu di dalam kelas. Mereka mendapatkan materi pelajaran dengan tema "Keluargaku" yang disampaikan oleh guru. Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur....
A. Message
B. Decoding
C. Noise
D. Media
10. Menurut Teori humanistik, tujuan mencar ilmu ialah untuk memanusiakan manusia, sehingga tujuan utama para pendidik ialah ....
A. Membantu siswa mencar ilmu bagaimana menghargai insan lain
B. Membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai insan yang unik
C. Menjadikan dirinya menjadi insan yang berkhasiat bagi orang lain
D. Membantu siswa mencar ilmu menjadi insan dewasa
11. Salah satu tujuan guru atau pendidik mempelajari teori mencar ilmu ialah ....
A. Untuk menguasai kompetensi pedagogis
B. Untuk menguasai kompetensi professional
C. Terampil mengajarkan teori mencar ilmu kepada siswanya
D. Untuk mengusai kompetensi sosial
12. Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran ialah ....
A. Anak akan mencar ilmu kalau dibiasakan
B. Anak akan mencar ilmu kalau selalu diperintah
C. Anak akan mencar ilmu kalau diberikan motivasi
D. Anak akan mencar ilmu lebih ulet kalau menerima nilai baik
13. Ibu Lolita ingin menerapkan seni administrasi pembelajaran "berpusat pada siswa" (student-centered oriented) dengan pendekatan saintifik. Deskriptor dari kompetensi yang hendak dicapai ialah bisa menuliskan teks prosedur.Di antara kegiatan-kegiatan di bawah ini, manakah yang mencerminkan acara langkah mengomunikasikan dari materi di atas ....
A. Siswa secara berdikari menyusun pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks mekanisme kompeks yang dibacanya. Siswa membentuk pasangan. Setelah itu, secara bergiliran memberikan pertanyan kepada pasangannya.Bila pasangannya tidak bisa menjawab, siswa memberikan pertanyaan kepada guru.
B. Siswa bertanya jawab dan berdiskusi merumuskan struktur dan kaidah teks mekanisme kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" Siswa secara kelompok merumuskan dan menuliskan simpulan ciri, struktur, dan kaidah teks mekanisme kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?"
C. Siswa membaca dan mengamati model teks mekanisme yang berjudul "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" dengan teliti dan bertanggung jawab. Siswa memperhatikan ciri, struktur,dan kaidah teks mekanisme yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah.
D. Siswa secara kelompok menampilkan hasil kerja analisis ciri, struktur, dan kaidah teks mekanisme "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" di majalah dinding (atau dipapan pajang) Siswa saling menanggapi hasil karya teman. Siswa saling menilai hasil karya teman,
14. Ibu Prapti menjelaskan materi pelajaran kepada akseptor didiknya di kelas satu dengan jelas. Sehingga materi pelajaran yang disampaikan Bu Prapti sanggup dimengerti dengan baik oleh akseptor didik. Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Bu Prapti sudah menerapkan seni administrasi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu ....
A. Audible
B. Respect
C. Humble
D. Clarity
15. Buku paket, video, film, bola dunia, grafik, CD interaktif termasuk jenis sumber mencar ilmu ....
A. Lingkungan (setting)
B. Peralatan (device)
C. Bahan (material)
D. Pesan (message)
16. Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam ....
A. Memberikan pinjaman bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
B. Membimbing anak mencar ilmu di rumah
C. Melaksanakan proses mencar ilmu mengajar
D. Melaksanakan supervisi atau pengawasan
17. Tujuan PTK ialah ...
A. Mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran
B. Mendiagnosis kesulitan mencar ilmu siswa
C. Melakukan perbaikan proses pembelajaran di kelas
D. Mendiskripsikan upaya memperbaiki proses mencar ilmu mengajar
18. Metode Penelitian memuat ...
A. Prosedur penelitian, setting penelitian, mekanisme siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
B. Prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengolahan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
C. Prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
D. Prosedur penelitian, setting penelitian, mekanisme siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
19. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam membuatkan acara pembelajaran ialah ....
A. Jawaban a, b, dan c benar
B. Sesuai dengan herarki konsep materi pembelajaran
C. Memuat rangkaian acara yang harus dilakukan akseptor didik secara berurutan
D. Menunjukkan acara siswa dan materi
20. Pembelajaran remedial dilakukan guru untuk membantu akseptor didik dalam beberapa hal, kecuali ....
A. Memperluas wawasan ihwal konsep yang telah dipelajari
B. Mengatasi kesulitan dengan memperbaiki cara belajar
C. Memperbaiki perilaku mencar ilmu yang sanggup mendorong tercapainya hasil mencar ilmu yang optimal
D. Memahami kesulitan mencar ilmu yang dihadapi
21. Salah satu manfaat media dalam pembelajaran ialah ....
A. Dapat menjadikan pelajaran menjadi lebih luas
B. Pembelajaran sanggup bermakna ganda
C. Dapat menciptakan materi pelajaran yang abnormal menjadi lebih konkret
D. Guru lebih santai sebab terbantu
22. Banyak variasi dalam mendefinisikan media tetapi ada persamaan pengertian, yaitu ....
A. Perantara guru
B. Penyalur pesan
C. Pengantar guru dan akseptor didik
D. Pengantar proses pembelajaran
23. Kelumpuhan organ bicara sanggup menimbulkan kelainan-kelainan suara yang yang dihasilkan sebab pada rahang, bibir, dan gigi mengalami masalah, baik dibawa semenjak lahir atau kecelakaan. Hal tersebut sanggup memengaruhi kelancaran komunikasi yang disebut faktor .......
A. Bologis
B. Intelengensi
C. Pengetahuan
D. Kepribadian
24. Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan penting sebagai awalan dalam memicu acara belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila ....
A. Model yang dmenggunakan model-model terkini
B. Bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir
C. Metode yang memakai multimedia
D. Bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa
25. Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ...
A. Berrmanfaat bagi kehidupan
B. Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
C. Memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi
D. Sesuai dengan minat siswa
26. Fasilitas yang dipilih untuk mendapatkan template yang diharapkan ketika bekerja memakai Equation ialah ....
A. Operator
B. Tools
C. Structures
D. Symbols
27. Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ...
A. Mengembangkan dan memelihara suasana mencar ilmu yang kondusif
B. Memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
C. Memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
D. Menggunakan aneka macam media pembelajaran yang inovatif
28. Fungsi utama indikator ialah untuk ....
A. Menentukan media dan sumber belajar
B. Merumuskan tujuan pembelajaran
C. Merumuskan bentuk dan jenis penilaian
D. Menentukan materi pokok
29. Kurikulum harus bisa membuatkan sesuatu yang gres sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa kini dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ...
A. Kreatif
B. Evaluatif
C. Kritis
D. Konservatif
30. Kemampuan komunikasi yang efektif yang sesuai kondisi psikologi akseptor didik ialah sebagai berikut, kecuali ....
A. Sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan mereka
B. Tidak memperlihatkan hadiah bila mereka berbuat baik atau benar
C. Dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
D. Berikan kesan bahwa Anda berada dalam tim yang sama
31. Di Microsoft Powerpoint pada kotak obrolan Record Sound dipakai untuk ....
A. Menjalankan hasil rekaman
B. Menyimpan hasil rekaman
C. Memulai rekaman
D. Menghentikan rekaman
32. Ibu Guru menegur siswa yang tidak memperhatikan ketika ia mengajar dengan cara menatap eksklusif siswa tersebut. Komunikasi yang diberikan ibu Guru kepada siswa tersebut merupakan komunikasi....
A. Nonverbal
B. Kelompok
C. Massa
D. Verbal
33. Berikut ini merupakan komponen hardware dari komputer, kecuali ...
A. DOS
B. RAM
C. Procesor Pentium Intel
D. Hard disk
34. Kegunaan RPP ialah sebagai pedoman bagi guru untuk ....
A. Mengelola interaksi pembelajaran
B. Memberdayakan sumber belajar
C. Melaksanakan pembelajaran di kelas
D. Melakukan penilaian hasil mencar ilmu siswa
35. Komunikasi yang disampaikan melalui media televisi disebut komunikasi ....
A. Massa
B. Nonverbal
C. Verbal
D. Kelompok
36. Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan ....
A. Proses mencar ilmu yang diharapkan dicapai akseptor didik sesuai dengan kompetensi dasar
B. Indikator pencapaian akseptor didik sesuai dengan kompetensi dasar
C. Hasil proses mencar ilmu yang diharapkan dicapai akseptor didik sesuai dengan kompetensi dasar
D. Proses dan hasil mencar ilmu belajar yang diharapkan dicapai akseptor didik sesuai dengan kompetensi dasar
37. Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ...
A. Sistematis
B. Logis
C. Berkelanjutan
D. Terintegrasi
38. Langkah untuk mengatur lebar kolom pada lembar kerja Excel ialah ....
A. Sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Column Width
B. Sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Column Width
C. Sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Row Width
D. Sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Row Height
39. Fungsi dari Winamp ialah ...
A. Untuk menciptakan film
B. Untuk mendengarkan musik
C. Untuk memutar film yang termuat dalam CD
D. Untuk mengolah gambar
40. Istilah "perlu bimbingan" pada deskripsi rapor pengetahuan, diberikan apabila siswa ....
A. Nilainya rata-rata baik pada semua kompetensi
B. Mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar
C. Tidak ada yang menonjol pada kompetensi dasar yang diujikan
D. Merupakan nilai terendah diantara beberapa nilai ulangan
41. Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara para siswa. Untuk itu kalau guru memakai pembelajaran klasikal hendaknya ....
A. Melaksanakan pengayaan bagi semua siswa, terutama pada siswa yang sudah menguasai materi pelajaran
B. Memberikan kiprah yang diadaptasi dengan tuntutan materi ajar
C. Melaksanakan pembelajaran masing-masing individu secara berbeda-beda
D. Menggunakan metode, model atau seni administrasi pembelajaran yang bervariasi
42. Pernyataan berikut yang bukan merupakan potongan dari acara penyusunan butir instrumen hasil mencar ilmu ialah ....
A. Mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif
B. Membuat indikator soal
C. Menentukan kompetensi atau indikator yang hendak diukur
D. Diprediksi sanggup dikerjakan oleh sebagian besar siswa
43. Pak Joko memberikan kebanggaan kepada Asmawi, akseptor didiknya yang bisa menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Joko kepada Asmawi ialah dengan cara Pak Joko mengacungkan jempol. Pujian ibarat yang dilakukan Pak Joko kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi...
A. Personal
B. Verbal
C. Satu arah
D. Nonverbal
44. Untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan, langkah awal yang harus kita lakukan ialah ...
A. Klik gambar
B. Klik ikon Crop
C. Klik tab Format
D. Klik ikon Picture
45. Saat pembelajaran diskusi kelompok. Peserta didik diminta untuk memberikan gagasan dan komentar dengan kalimat yang runtun dan lafal yang jelas. Tugas guru ialah menilai akseptor didik dengan teknik pengamatan terhadap gagasan dan komentar akseptor didik. Rancangan penilaian yang dibentuk guru ialah rambu-rambu penilaan proses pembelajaran dengan aspek-aspek ....
A. Kelancaran kalimat, kualitas gagasan, ejaan dan tanda baca
B. Isi gagasan, kesesuaian gagasan, keruntutan kalimat, kejelasan lafal
C. Intonasi, tempo, kalmat efektif dan ejaan yang benar
D. Isi gagasan, kesesuaian gagasan, kalimat efektif dan tanda baca
46. Dibawah ini merupakan pernyataan hipotesis yang sesuai dengan PTK ...
A. Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SD Jayabangsa
B. Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan hasil bealajar siswa kelas V SD Jayabangsa dibandingkan pembelajaran konvesional
C. Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI sanggup mempengaruhi peningkatan hasil mencar ilmu siswa kelas V SD Jayabangsa
D. Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI sanggup meningkatkan hasil mencar ilmu siswa kelas V SD Jayabangsa
47. Perhatikan KD berikut! KD 3.4. Menggali informasi dari teks kisah ihwal kondisi alam dengan pinjaman guru atau sahabat dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu pemahaman Berdasarkan KD tersebut, untuk pemahaman akseptor didik rumusan indikator yang tepat adalah....
A. Siswa menyebutkan ciria-ciri kondisi alam dengan tepat
B. Membaca teks kisah dengan nyaring
C. Siswa sanggup menuliskan ciri-ciri kondisi alam dalam teks dongeng
D. Menyebutkan kondisi alam dalam teks dongeng
48. Berikut yang bukan termasuk pertimbangan dalam menentukan jenis TIK/program komputer yang akan dipakai dalam pembelajaran ialah ...
A. Ketepatan dengan tujuan pembelajaran
B. Keselarasan dengan karakteristik materi pembelajaran
C. Keselarasan dengan karakteristik target atau siswa
D. Keterbatasan sarana dan prasarana dalam kelas
49. Perhatikan KD berikut! KD. 3.2 Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup. Berdasarkan KD tersebut, bu Deti merumuskan indikator pembelajaran, berikut ini indikator yang tidak sesuai dengan KD tersebut ialah ....
A. Membedakan metamorfosis tepat dan tidak sempurna
B. Mengamati jenis binatang yang mengalami metamorphosis tepat dan tidak sempurna
C. Mengidentifikasi jenis binatang yang mengalami metamorphosis tepat dan tidak sempurna
D. Mengidentifikasi jenis-jenis metamorfosis
50. Fungsi dari imbas animasi Emphasis ialah ....
A. Untuk menampilkan objek
B. Untuk memberi pengutamaan pada objek
C. Utuk menggerakkan objek
D. Untuk keluarnya objek
Contoh Soal Latihan Pre Test Ukg 2017
4/
5
Oleh
Anonymous